KOMPETISI PENELITIAN SISWA INDONESIA
(KoPSI 2021)

Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia merupakan upaya menumbuhkan karakter ilmiah melalui kegiatan kompetisi penelitian peserta didik dalam rangka mewujudkan kemerdekaan berpikir peserta didik. KOPSI diharapkan sebagai wadah pengembangan prestasi dan pembentukan kepribadian peserta didik yang mandiri dan tangguh. Kegiatan penelitian diharapkan juga dapat meningkatkan integritas, sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerjasama dalam kelompok, kepercayaan diri, serta keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah.

Unduh Pedoman

BIDANG KOMPETISI

Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan, dan Seni

Bidang ini berkaitan dengan studi tentang masyarakat, yaitu cara orang berperilaku dan mempengaruhi dunia di sekitar kita, tentang kebajikan dan cinta kasih manusia terhadap sesama, serta tentang kegiatan atau produk manusia yang melibatkan imajinasi kreatif dalam mengungkapkan keindahan dan emosi.

Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan

Bidang ini berkaitan dengan pemahaman manusia secara sistematis terhadap gejala alam dalam bentuk konsep, prinsip, dan hukum yang teruji kebenarannya melalui suatu metode ilmiah. Termasuk dalam gejala alam adalah lingkungan, yaitu segala sesuatu berupa proses atau peristiwa di sekitar kita baik yang bersifat biotik maupun abiotik

Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa

Bidang ini adalah tentang rancangan, yaitu pemikiran dan upaya membuat sesuatu untuk kepentingan manusia. Perwujudannya berupa produk teknologi.

LINIMASA

Icon

REGISTRASI

09 - 31 Juli 2021
Icon

UNGGAH NASKAH

Agustus 2021
Icon

PENJURIAN

September 2021
Icon

PENGUMUMAN

September 2021

SISA WAKTU MENUJU KOPSI 2021

3

HARI

12

JAM

3

MENIT

PENGUMUMAN

VIDEO

Tutorial Pendaftaran Operator Sekolah

Tonton

Apa Itu KOPSI

Tonton